Dugaan Keberpihakan Kades Tinggiraja ke salahsatu Capres, Bawaslu : Laporkan!

/

/ Senin, 11 Februari 2019 / 22.30 WIB
Ketua Bawaslu Asahan, Komedi Hambali Siambaton

dailysatu.com
-Bawaslu Asahan siap menerima laporan warga terkait keberpihakan Kapala Desa (Kades) Tinggiraja Kecamatan Tinggiraja Kabupaten Asahan Dedi Hermanto ke Capres 01 yakni Joko Widodo (Jokowi)- KH.Maaruf Amin.

"Kita siap menerima laporan tentang kades tersebut," ungkap Ketua Bawaslu Asahan,
Komedi  Hambali Siambaton kepada dailysatu.com, Senin (11/2) sekira pukul 15:50 WIB di Kantornya.

Dia menjelaskan, sampai sekarang pihaknya belum ada menerima laporan soal Kedes yang mengkempanyekan salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. "Cemana mau diproses sementara laporan belum ada kami terima," ujarnya.

Disinggung mengenai sanksi keberpihakan ASN dan perangkat desa mau pun kelurahan ke salah satu calon Presiden, dirinya mengatakan, untuk sangsi kita kena kan Pasal 490 Undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017. Tentang setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan atau melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye, bisa dipidana dengn penjara paling lama 1 tahun dan denda 12 juta.

Dia berharap kepada warga yang ada menemukan ASN atau perngakat Desa lainnya yang mengkampanye salah satu calon Persiden, Legislati dan DPD RI agar melaporkan ke Bawaslu dengan bukti yang kuat. "Kalau ada temuan tetang pemilu laporkan langsung ke bawaslu tapi dengan bukti seperti rekaman video dan saksi serta saksi yang ahli," harapnya.

Sementara ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Asahan, Baharudin Harahap tidak bisa berbuat apa-apa dengan kejadian Kades Tinggiraja.

"Udah la ngapain kita bahas itu. Kita sudah taunya kalau semua Kades berpihak kepada salah satu calon Presiden. Gubernur pun sudah mengingatkan agar ASN dan Kades harus netral, namun peringatan Gubernur itu tetap dilanggar, jadi untuk apa kita sibuk melaporkan," ujar Baharudin Harahap melalui selulernya.

Diketahui Kapala Desa (Kades) Dedi Hermanto diduga berkampanye saat pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tinggiraja Kecamatan Tinggiraja Kabupaten Asahan di aula kantor Desa setempat, Kamis (31/1) lalu.

Dedi Hermanto saat dikonfirmasi baru-baru ini membenarkan adanya pembetukan LPM Desa Tinggiraja. Namun Kades yang akan berakhir massa jabatanya bulan September 2019 ini berdalih tidak ada berkampanye ketika itu. (ds/Hendri)





Komentar Anda

Berita Terkini