Diduga Cacat Hukum, Masyarakat Pulau Rakyat Minta Inspektorat Periksa Camat dan Kades

/

/ Minggu, 03 Februari 2019 / 14.12 WIB
dailysatu.com - Masyarakat Desa Pulau Rakyat Pekan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan meminta Inspektorat Asahan memeriksa Kades Pulau Rakyat Pekan dan Camat Pulau Rakyat. Karena diduga telah melanggar perda nomor 08 tahun 2018, tentang pemilihan Badan Permusyawarahan Desa (BPD).

Hal ini dijelaskan oleh tokoh masyarakat Wira Pratama, saat diminta keterangannya, Minggu (03/02/2019).

"Isi perda tersebut bahwa, setiap BPD dilakukan pemilihan secara langsung dengan pemungutan suara, akan tetapi saat ini pihak camat dan kades tidak lakukan sesuai peraturan, mereka lakukan dengan cara perwakilan dan dipilih sebanyak 11 orang,"kata Wira yang juga mencalonkan diri sebagai BPD Desa Pulau Rakyat Pekan.

Adanya isu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, kalau salah satu BPD yg lama tidak terpilih maka akan di ungkapkan masalah-masalah yang selama ini telah terjadi maka dari itu kami menduga bahwa pihak desa tidak berani melakukan pemilihan BPD sesuai peraturan.

"Artinya mereka cacat hukum, maka dari itu kami minta inspektorat Asahan harus tegas dan secepatnya memerika kades dan camat kami,"pinta Wira.

Sebelumnya, awak media pernah melakukan konfirmasi di Kantor Camat Pulau Rakyat dan bertemu dengan Kades Pulau Rakyat Pekan Suyadi, saat ditanyai mengenai perosedur BPD ia mengatakan, tidak bisa dilakukan secara pemilihan langsung dikarenakan tidak memiliki anggaran untuk melakukan itu.

Mendengar pernyataan dari kades tersebut, Wira sangat menyayangkan jika anggaran untuk melakukan itu tidak ada, padahal kegiatan itu sesuai dengan peraturan daerah.

"Banyak kali alasan mereka, kalau memang tidak ada anggaran kami siap membiayai segala kekurangan kegiatan pemilihan BPD secara langsung, kami lakukan ini karena kami tidak mau hukum itu dikakangi seenaknya dengan mereka,"pungkas Wira.

Dirinya juga bertanya, apa permasalahan di desanya seolah olah takut jika BPD dipegang dengan orang yang baru.

"Saya akan menyelidiki tentang insfratuktur didesa kami, "tandas Wira.(ds/Nanda)
Komentar Anda

Berita Terkini