1 Rumah di Dusun Aek Pollung Humbahas Hangus Terbakar

/

/ Sabtu, 02 Februari 2019 / 20.29 WIB
Keterangan Gambar  : Tampak si Jago merah melalap sebuah rumah milik warga di Desa Riaria, Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas, Sabtu (2/2/2019) sore.

dailysatu.com
- Sebuah rumah semi permanen milik Asima Banjarnahor (75) di  Dusun Aek Pollung, Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) hangus terbakar, Sabtu (2/2/2019) sore sekira pukul 17.45 wib.

Menurut keterangan Kepala Dusun (Kadus) Aek Pollung, Maradu Lumban Gaol (45), saat peristiwa naas itu terjadi, anak dari pemilik rumah yang saban hari menempati rumah tersebut, yakni , Sehat Lumban Gaol (34), dan istrinya Tetty Silaen (32), dan  juga ke empat anak-anaknya, sedang tidak berada di rumah.

"Saat itu mereka menyiangi tanaman padi miliknya di sawah. Yang tinggal di rumah hanya ibunya", ujar Maradu.

Diceritakannya lagi, peristiwa terbakarnya rumah itu terbilang tiba-tiba. Saat Maradu keluar karena mendengar warga teriak-teriak, ia telah mendapati api yang berkobar dan asap membubung tinggi.

Lalu Maradu dan warga sekitar pun langsung mengevakuasi Asima Banjarnahor dari dalam rumah.

"Dia sudah tua. Dan sudah mulai pikun. Beruntung saat kebakaran ia sedang di dapur, api berasal dari arah kamar, sehingga nyawanya sempat terselamatkan", terangnya.

Guna mengantisipasi menjalarnya kobaran api, kata Maradu, para warga langsung menyirami air pakai ember ke rumah yang bersebelahan dengan rumah yang terbakar tersebut. "Dan warga juga ada yang menelpon damkar (pemadam kebakaran) makanya mereka datang meski rumah sudah 90% terbakar", ungkap maradu.

Pantauan awak media dilokasi, rumah semi permanen tersebut sudah ambruk dan hangus. Para personil damkar terlihat menyirami bara-bara api dari puing kebakaran. Itu dilakukan guna memastikan  api sudah benar-benar padam.

Kapolsek Pollung, Iptu Nover Gultom, melalui Kanit Sabhara, Aiptu E Simanjulu, saat dikonfirmasi membenarkan tragedi naas tersebut. Saat ini, kata Simanjulu, pihak kepolisian masih melakukan proses penyelidikan.

"Dugaan kita sementara ini, api bersumber dari korsleting arus listrik", katanya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.(ds/carlos)


Komentar Anda

Berita Terkini