Pembangunan Bak Penampungan Air dan Pengerasan Jalan di Sigulok Humbahas Diduga Asal Jadi

/

/ Selasa, 08 Januari 2019 / 15.02 WIB
Perkerasan jalan yang diduga asal jadi

dailysatu.com
- Pembangunan Bak Penampungan Air dan Pengerasan Jalan di Desa Sigulok Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pasalnya, pembangunan bak penampungan air yang bernilai kurang lebih 50 juta pada tahun 2017 tersebut sampai saat ini tidak berfungsi, dan perkerasan jalan yang juga pada tahun 2017 itu diduga tidak sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan.

Hal itu diungkapkan salah satu masyarakat sigulok yang tidak mau di sebutkan namanya,Senin (7/01/2018).

"ini lah hasil dana Desa Sigulok, proyek gagal, tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat sigulok. Bak air tidak berfungsi, tak berisi air. Perkerasan jalan jika musim hujan, batu kecil dan batu besar berserakan dan mudah terbawa air sehingga tidak berfungsi dengan baik", ucapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sigulok Sabar Purba melalui telepon selulernya, selasa (8/01/2018) mengatakan pada awak media ini bahwa lokasi dan RAB dalam pembangunan bak penampungan air tersebut telah di survei oleh teknisi dari kecamatan.

"Lokasi dan pembuatan RAB pembangunan bak tersebut telah di survei oleh teknisi dari kecamatan, dan teknisi lah yang menentukan lokasinya, setelah dibangun ternyata air tidak sanggup naik ke bak penampungan", katanya.

Disinggung soal perkerasan jalan yang tidak memakai walas dan terkesan asal jadi, Kades Sigulok mengatakan bahwa itu tidak betul.

"tidak betul itu, kita buat kok walas kesitu, tapi pakai walas TPL(Toba Pulp Lestari) dan tetap kira bayarkan," ucapnya.

Pembangunan bak penampungan air yang tidak berfungsi sampai saat ini

Lain halnya dengan yang dikatakan tenaga teknis Kecamatan Sijamapolang bermarga sianturi, bahwa pembangunan bak penampungan air di Desa Sigulok tidak berfungsi akibat dari bencana alam.

"bak tersebut tidak berfungsi karena bencana alam pak, dan untuk tahun ini sudah dianggarkan untuk perbaikannya," ujarnya. (ds/carlos)

Komentar Anda

Berita Terkini