Lulusan Dokter Baru FK UMI Harus Terus Perbarui Ilmu Kedokteran

/

/ Senin, 14 Januari 2019 / 10.19 WIB
FOTO BERSAMA : 31 dokter baru foto bersama dengan jajaran Rektorat, Dekanat Fakultas Kedokteran (FK) UMI usai Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-147 Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (UMI) di Tulip Room, Tiara Convention Hall Medan, Sabtu 12 Januari 2019.

dailysatu.com- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) kembali melahirkan sebanyak 31 dokter baru.

Diharapkan lulusan dokter baru FK UMI harus mampu terus memperbarui ilmu kedokteran serta dituntut untuk tidak bosan membaca guna mengupdate informasi dunia kedokteran yang saat ini terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Rektor UMI, Ir Pantas Simanjuntak, MM dalam sambutannya saat menghadiri Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-147 Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (UMI) di Tulip Room, Tiara Convention Hall Medan, Sabtu 12 Januari 2019.

"Sebagai lulusan dokter baru supaya menerapkan etika kedokteran di dunia praktek kedokteran dan dokter juga dituntut untuk tidak bosan membaca guna mengupdate informasi dunia kedokteran," pungkasnya.



Pelantikan yang dipimpin oleh Dekan FK UMI  dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG itu telah meluluskan sebanyak 3761 dokter sampai saat ini. Pada angkatan ke-147 ini diraih dr. Chandra Winpertis Pranata Hutagaol dengan IPK : 3,99.

Dalam sambutannya, Dekan FK UMI  dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG menyebutkan bahwa FK UMI terus berkomitmen melahirkan dokter unggul.

Guna mewujudkan itu, FK UMI terus-menerus melakukan pembenahan dalam meningkatkan mutu lulusan, dan didukung salah satunya dengan melakukan  peningkatan akreditasi.

"Mencetak dokter-dokter unggul merupakan komitmen dari FK UMI. Untuk mewujudkan itu kita harus terus berbenah dan berkembang, serta meningkatkan kualitas pendidikan semakin lebih baik. Sehingga dapat melahirkan lulusan dokter yang bisa bersaing di era globalisasi saat ini dan ke depan " sebutnya.

Upacara pengangkatan sumpah dokter itu dihadiri diantaranya Dekan FK UMI, dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG, MM, Rektor UMI, Ir. Pantas Simanjuntak, MM, Wakil Dekan I, dr.Esther Sitorus, MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II, dr. Alexander P. Marpaung, MKT, Wakil Dekan III, dr.Harry Butar-Butar, SpB.

Kemudian, Ka.Prodi S.Ked, dr Fitriani Lumangga, SpPA, Guru Besar, Prof.Dr.dr.Hadyanto Lim, M.Kes,SpFK dan Prof.Dr.dr Thomson P.Nadapdap, MS (Epid), Ka.MEU dr.Nasib M.Situmorang, MKed (For) SpF, Anggota Senat dosen dr.Victor Togatorop, SpKJ serta Ikatan Alumni yang diwakilkan dr Jerry Tobing SpTHT.

Mewakili Ikatan Alumni dr Jerry Tobing SpTHT menyebutkan kemajuan FK UMI ke depan tidak terlepas dari sumbangsih dan dukungan dari para alumni.

Dimana, diharapkan dengan total lulusan dari FK UMI yang telah melahirkan 3.761 lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia mampu memberikan sumbangsih guna menjadikan FK UMI bisa bersaing pada tingkat global dan mampu berbicara dalam konstelasi global.

Mewakili orangtua yakni Joshua Sitompul orangtua dr.Stifan Nicholas mengucapkan terima kasih kepada pihak dosen dan dekanat FK UMI yang telah berkontribusi terhadap capaian kelulusan dokter-dokter baru angkatan ke-147.

Mewakili dokter yang baru dilantik, dr. Koko Wardoyo Panjaitan mengucapkan terimakasih kepada para dosen-dosen di FK UMI yang telah melahirkan kita sebagai dokter.

Tampak di barisan tamu perwakilan dari RS tempat pendidikan profesi dokter FK UMI antara lain mewakili RSU Djasamen Pematang Siantar, dr Saiden Saragih, MM, Wadir SDM& DiklatRSU dr. Pirngadi Medan, dr. Syamsul A Nasution, SpOG (K), perwakilan dari Dinas Kesehatan Medan, dr. Zairul Rambe, perwakilan Dinkes Deliserdang, dr.Hartaty Agnes Saragih, MKes serta perwakilan PKY UMI, Pdt.Seger Selamet Sitinjak, M.Th.
Sejajaran itu tampak hadir  para fungsionaris dan dosen-dosen FK UMI.

Acara angkat sumpah dokter ini berjalan dengan khidmat dan rasa kebahagiaan. Tangis haru orangtua dan para dokter menghiasi detik-detik ketika para dokter datang menghampiri orang tua masing-masing untuk memberikan rangkaian bunga sebagai ucapan terimakasih mereka. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini