KPU Asahan Rekrut 55 Orang Relawan Demokrasi

/

/ Selasa, 15 Januari 2019 / 17.05 WIB

dailysatu.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan merekrut relawan demokrasi, hal itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019. Relawan yang terbentuk harus siap menjadi mitra KPU Asahan.

Ketua KPU Asahan,Hidayat SP mengatakan, program relawan ini adalah untuk melakukan gerakan sosial dan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih yang berdasarkan Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 tahun 2019 tentang sosialisasi.


"Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana relawan demokrasi ini ditempatkan sebagai pelepor atau pioner demokrasi bagi komunitasnya," ungkap Hidayat SP kepada dailysatu.com, diruang kerjanya, Selasa (15/1) sekira pukul 14:45 WIB.


Lebih lanjut Hidayat SP menjelaskan,relawan demokrasi yang akan dilantik dalam bulan ini akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis di Kabupaten Asahan.


"Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan nampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggungjawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal," ujarnya.


Relawan demokrasi yang dibutuhkan hanya 55 orang yang mewakili 10 basis yaitu pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih pemuda, pemilih perempuan , pemilih penyandang disabilitas, pemilih kebutuhan khusus, pemilih marjinal, pemilih komunitas keagamaan dan warga netizen.


"Untuk sekarang yang mendaftar menjadi relawan demokrasi kurang lebih sekitar 88 orang dan jam 17.00 WIB ini pendaftaran ditutup," ujarnya.


Lanjut Hidayat SP menjelaskan, relawan demokrasi yang sudah mendaftar akan kita seleksi dimulai dari seleksi berkas, wancara setelah itu hasilnya akan di umumkan dan dalam bulan ini relawan tersebut akan kita lantik. "Dalam bulan ini relawan yang lulus seleksi akan dilantik," akhir Hidayat SP. (ds/Hendri)


Komentar Anda

Berita Terkini