Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Sumut Dukung DPRD Humbahas Mengevaluasi Kepala BPKPAD

/

/ Jumat, 11 Januari 2019 / 11.19 WIB
Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Sumut Dukung DPRD Humbahas Mengevaluasi Kepala BPKPAD

dailysatu.com
- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Osborn Siahaan mendukung langkah DPRD Humbang Hasundutan (Humbahas) mengeluarkan rekomendasi kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor untuk mengevaluasi jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah (BPKPAD) Humbahas, Jhon Harry Marbun.

Hal itu katakan Osborn kepada wartawan, Kamis (10/01/2019).

Menurut Osborn, rekomendasi yang dikeluarkan oleh Fraksi Partai Gerindra dan beberapa fraksi lainnya di DPRD Humbahas kepada bupati beberapa waktu lalu sudah melalui pertimbangan yang matang, dan memiliki kekuatan hukum dan seharusnya dipatuhi dan dijalankan oleh Bupati Humbahas. Sebab, rekomendasi dimaksud sudah mewakili sebagian suara masyarakat Humbahas yang menginginkan agar Kepala BPKPAD segera dievaluasi karena dinilai tidak mampu dan kapabel menjalankan tugasnya sebagai pejabat.

Selain itu, selama ini dia sendiri juga sudah sering mendengar dan mendapatkan keluhan dari masyarakat, baik secara langsung, melalui media cetak, maupun media sosial, terkait kinerja Kepala BPKPAD Humbahas yang dinilai kurang bersahabat dan terkesan arogan terhadap sesama pejabat, ASN, masyarakat umum, dan lembaga masyarakat lainnya. Menurut dia, apabila bupati tetap mempertahankan pejabat yang memiliki karakter dan sifat demikian, dikawatirkan akan sangat mengganggu kinerja bupati ke depan. Dan menjadi preseden buruk buat Pemkab Humbahas.

“Kita dari Lembaga Swadaya Masyarakat Pijar Keadilan Sumatera Utara juga sependapat dengan DPRD Humbahas agar meminta Bupati Humbahas mengevaluasi kinerja Kepala BPKPAD Humbahas. Sebab selama ini kita sudah sering mendengar dan mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan (Jhon Harry) disebut-sebut sebagai pejabat angkuh dan kurang bersahabat. Mungkin saja karena dia merasa dekat dengan bupati. Atau jangan-jangan selama ini banyak peluang dan kesempatan yang diberikan oleh bupati kepada dia di luar daripada tupoksi-nya. Sehinga dia ikut-ikutan merasa seperti bupati. Kan bisa saja demikian,” ujar Osborn

Lebih lanjut, mantan Kabag Humas Pemkab Humbahas itu menegaskan agar ke depan, bupati lebih selektif lagi memilih dan menempatkan pejabatnya dan ASN, sesuai dengan motto “on the right men, on the right place”, agar Pemerintahan Kabupaten Humbahas pro kepada pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Bukan sebaliknya dicap sebagai pemerintahan yang transaksional. Dan menjadi perhatian para penegak hukum. Diharapkan juga lembaga legislatif juga lebih keras menyuarakan dan menggunakan haknya sebagai wakil rakyat. Demi mewujudkan Humbahas yang hebat dan bermentalitas unggul.

“Kita dengar pejabat Humbahas banyak diisi dari luar daerah. Kalau saya tidak salah, banyak juga dari eks pejabat dari Kabupaten Tapanuli Utara. Tapi sebenarnya kita tidak mempersoalkan dari mana asal mereka. Namun yang kita ingin sampaikan, mereka bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Bukan jadi menciptakan pengkotak-kotakan yang dapat mengganggu kinerja para ASN di daerah itu. Jadi sekali lagi, kita mintakan agar bupati lebih tegas lagi dalam membina para pejabatnya. Jika sudah ada keluhan dan masukan dari masyarakat maupun lembaga lainnya supaya menjadi perhatian bupati,” pungkas Osborn Siahaan.

Sebelumnya diberitakan, dalam beberapa bulan terakhir, kinerja Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Jhon Harry Marbun menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan kalangan legislatif Kabupaten Humbahas. Bahkan beberapa kali sudah viral di media sosial (Medsos).

Selain dinilai tidak mampu dan kapabel menjalankan tugasnya sebagai pejabat, oknum eks pejabat dari Kabupaten Tapanuli Utara ini juga dinilai arogan dan kurang bersahabat, baik sesama pejabat dan ASN, khususnya kepada para anggota DPRD Humbahas.(ds/carlos)

Teks Foto : Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Sumut Osborn Siahaan.
Komentar Anda

Berita Terkini