FK UMI Dorong Dosen Terbitkan Penelitian

/

/ Kamis, 24 Januari 2019 / 17.00 WIB
Kegiatan presentase hasil penelitian dosen yang digelar di Kampus II UMI Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan, Sabtu 19 Januari 2019 kemarin.

dailysatu.com
- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) terus mendorong dosen banyak melakukan penelitian untuk dipublikasikan baik tingkat nasional maupun hingga di tingkat internasional.

Bahkan, guna 'merangsang' semakin banyaknya penelitian oleh dosen, FK UMI
berusaha memfasilitasi hal tersebut dengan memberikan bantuan biaya Rp 10 Juta untuk setiap penelitian dosen.

Hal tersebut disampaikan Dekan FK UMI, dr Eka Samuel P Hutasoit, SpOG kepada wartawan di sela-sela kegiatan presentase hasil penelitian dosen yang digelar di Kampus II UMI Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan, Sabtu 19 Januari 2019 kemarin.

Dia menyampaikan bahwa FK UMI bertekad meningkatkan kontribusi kepada bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Harapannya ini semua dapat menjadi pendorong yang kuat bagi para dosen di lingkungan FK untuk melakukan penelitian, " pungkasnya.

Wakil Ketua Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah (UPPI) FK UMI,
dr Jekson Martiar Siahaan menyebutkan bahwa kegiatan presentase hasil penelitian dosen tersebut merupakan agenda rutin yang digagas UPPI FK UMI sejak 2015 lalu.

Kegiatan itu, katanya bertujuan untuk membangkitkan semangat serta menggali potensi dosen-dosen di FK UMI untuk melakukan penelitian.

Disebutkan, bahwa ada empat grup unit penelitian yang dikembangkan di UPPI FK UMI yakni penelitian di bidang Infeksi, Endokrin & Metabolik, Maternal dan Kesehatan Anak serta Kesehatan Jiwa.

"Namun, untuk FK UMI sendiri lebih fokus kepada penelitian di bidang infeksi," katanya.

Masih katanya, bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen FK UMI telah masuk ke dalam jurnal internasional seperti penelitian yang dikembangkan oleh dr. Jekson Martiar Siahaan MBiomed, dan dr Hendrika Andriana Silitonga, MKes di bidang Endokrin tentang Biomolekuler Diabetes.

Selain itu, lanjutnya ada penelitian Maternal tentang Anemia pada Ibu Hamil yang dikembangkan dr Harry C Simanjuntak SpOG, dr Eka Samuel P Hutasoit, SpOG.

"Untuk Kesehatan Jiwa, kendati belum pengembangan penelitian hingga tingkat Internsional, Namun dosen FK UMI yakni dr Wijaya Taufik Tiji SpKJ dipercaya menjadi pembicara di tingkat internasional, " tandasnya.(ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini