Bupati Asahan: Wartawan Boleh Kritisi Pemkab Asahan

/

/ Kamis, 24 Januari 2019 / 19.23 WIB

dailysatu.com-Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Asahan, Rahmat Hidayat Siregar sepakat jika pers mengkritik  kinerja pemerintah derah.

"Silahkan kritik, kalau bisa 80 persen kritik dan 20 persen seremonial,"ujar Rahmat Hidayat Siregar dalam acara pertemuan Kadis Kominfo dengan seluruh wartawan online,cetak dan tv di aula Kenanga, Kantor Bupati Asahan, Kamis (24/1).

Akan tetapi, dia meminta agar pemberitaan kritikan pers terhadap kinerja pemerintah daerah setempat disampaikan secara santun, tidak menghujat, dan tidak tendesius serta bersifat membangun.

Pasalnya, pihaknya menyadari sepenuhnya jika pemerintahan adalah bagian dari produk demokrasi yang dibentuk oleh Undang-Undang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Dan pemerintah berpotensi untuk melakukan penyalahgunaan kewenangan, karena itu harus dikontrol oleh alat perlengkapan negara yang lain yaitu legislatif.

Sebab,hubungan dua lembaga produk dari demokrasi ini bisa saja tidak harmonis dan melahirkan  kebijakan yang  merugikan masyarakat sehingga kedua lembaga ini harus dikontrol oleh produk demokrasi lain, yakni pers. "Pers harus mampu memberdayakan pemerintah dan masyarakat sesuai dengan hukum dan etika pers."ujarnya.

Kadis yang pernah meraih prestasi sebagai camat terbaik tingkat provinsi ini mengapresiasi sikap jurnalis yang mau mengkritik kinerja pemerintah daerah.

Sementara itu dalam pertemuan ini sejumlah wartawan mengeluhkan sikap organisasi pemerintah daerah (OPD) yang terkesan menutup komunikasi dengan wartawan. Sikap tidak mau di konfirmasi dan menghindar menjadi kendala bagi jurnalis sehingga terkadang media terpaksa melakukan pemberitaan secara sepihak.

Terkait soal ini Hidayat mengakui soal itu. Dia membenarkan jika masih banyak kepala OPD yang alergi dengan wartawan. Sulit dan bahkan banyak diantaranya yang tidak mau ditemui wartawan. "Kita akan ingatkan itu kembali kepada para pimpunan OPD." janjinya.

Rahmat Hidayat mengatakan, bahkan dalam wakrltu dekat Bahkan  Wakil Bupati Asahan akan mengumpulkan para kepala OPD dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dari seluruh OPD membahas persoalan ini.

"Wabup akan mengingatkan lagi tentang tugas, dan fungsi dari para pejabat PPID ini, termasuk soal pemberian informasi wartawan,"imbuhnya. (ds/hendri)
Komentar Anda

Berita Terkini