Bertahun tak Tertangkap, Bandar Narkoba di Pantai Cermin Kanan Ditembak Polisi

/

/ Senin, 28 Januari 2019 / 16.50 WIB

dailysatu.com- Personil Satres Narkoba Polres Serdangbedagai berhasil menggulung 3 pria yang kerap mengedarkan  narkoba di kawasan Desa Pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdangbedagai ( Sergai ). Bukan itu saja, seorang dari pelakunya terpaksa ditembak kakinya karena mencoba melarikan diri, Jumat ( 25/1/2019) malam.


Selain mengamankan para pelakunya yang sudah bertahun-tahun mengedarkan narkoba, Personil Sat Narkoba Polres Sergai yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu SH MH ini juga menyita uang tunai Rp.55 ribu, 1 plastik klip berisi kristal berat bruto 0,14 Gr, 1 plastik klip berisi kristal berat 0,17 Gr, 7 plastik klip berisi kristal berat 18,9 Gr dan bong, 3 buah mancis serta 2 unit timbangan elektrik sebagai barang buktinya.


" Ada 3 tersangka yang telah kita amankan dan menyita narkoba jenis sabu dengan Berat bruto seluruhnya 19,21 Gram sebagai barang buktinya," terang Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu yang didampingi Kasat Narkoba, AKP Martualesi Sitepu SH MH , Senin ( 28/1/2019).


Keberhasilan petugas menangkap ketiga pelaku bandar narkoba yakni Herman alias Alo, 41, warga Dusun III Desa Kota Pari Kec.Pantai Cermin Kab, Sergai, serta Irmayadi alias Siir, 28, warga Dusun III Desa Pantai Cermin Kanan Kec.Pantai Cermin  Kab.Sergai dan Sarwani alias Sar,53, warga Dusun III Desa Pantai Cermin Kanan ini masih dikatakan Kasat Narkoba berawal dari hasil mapping peredaran narkoba di Kecamatan Pantai Cermin.


Kemudian diketahui kalau di Dusun III Desa Pantai Cermin Kanan ada pelaku pengedar narkoba yang sudah tahunan mengedarkan narkoba jenis sabu. " Selanjutnya informasi tersebut ditindak lanjuti, awalnya anggota kita melakukan undercover buy di TKP tepatnya du Gang Pancing dengan membeli 1 paket sabu seharga Rp 50 ribu dengan berat bruto 0,14 Gr dari tersangka Herman alias Alo," kata AKP Martualesi.


Lalu  tersangka Alo ini mengakui kalau dirinya disuruh oleh tersangka Irmayadi alias Siir dan petugas pun melakukan penangkapan terhadap Siir yang bersembunyi di kamar mandi di rumah orang lain.


" Tersangka Siir ternyata kaki tangan bandar sabu Sarwani alias Sar. Selanjutnya kita lakukan pengembangan dan berhasil menangkapnya yang sempat hendak melarikan diri dari Gang Pancing tersebut," pungkasnya.

Dengan didampingi Kepala Desa ( Kades) dan Kadus dilakukanlah penggeledahan di rumah tinggal Sarwani alias Sar dengan cara menyuruh anak kandungnya yang bernama Zailani untuk membuka pintu dengan cara apapun harus terbuka.

Sehingga dengan inisiatifnya merusak pintu rumah orangtuanya tersebut dari arah belakang. Ternyata dari kamar Sar ditemukan 1  paket sabu seberat 0,17 Gr dan 1 buah Bong serta 3  buah mancis. Tak puas sampai di situ tambah Martualesi, selanjutnya petugas pun melakukan pengembangan di rumah kontrakan milik dari tersangka Sar dan berhasil menyita 7 plastik klip berat 18,9 Gr yang disimpan diatas lemari. " Dari hasil keterangan Sar, menerangkan kalau ia mendapat sabu dari Pantai Labu Deliserdang.

Namun sayangnya saat  dilakukan pengembangan ke Pantai Labu  tersangka Sar diturunkan dari mobil langsung melompat dan mencoba kabur melarikan diri. Sehingga seketika diberikan tembakan peringatan oleh personil sebanyak 2 kali tapi tersangka tidak mengindahkannya, dalam keadaan terpaksa tersangka kita lumpuhkan di kaki kanannya yang tertembus peluru sebanyak 1 kali," terangnya.

 Akibat perbuatannya, ketiga tersangka ini dijerat dengan Pasal 114 Sub 112 Yo 132 UU RI NO.35 Th 2009 Tentang narkotika dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun. (ds/woe)
Komentar Anda

Berita Terkini