Ribuan E - KTP Invalid Dimusnahkan Disdukcapil Asahan

/

/ Rabu, 19 Desember 2018 / 18.22 WIB
dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), memusnahkan sebanyak 33515 keping sisa dan bekas Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP ) yang rusak atau invalid.

Acara pemusnahan e- KTP yang sudah kadaluarsa itu dilaksanakan di halam kantor Disdukcapil Asahan, Rabu (19/12) sekira pukul 14:45 WIB.

Dalam acara pemusnahan ribuan e-KTP dengan dibakar itu, langsung dibakar serentak oleh Wakil Bupati Asahan, Surya Bsc Waka Polres, Kompol Taufik Ketua KPUD,Hidayat SP, Kadis Diskominfo, Rahmad Hidayat Siregar, Asisten I,Jhon Hardi, Anggota Bawaslu, Halimatusadiyah dan para Camat se Asahan.

Kegiatan ini sesuai perintah Menteri Dalam Negeri dengan surat edaran Mendagri nomor 470.13/1176 SJ tentang penatausahaan e- KTP-El rusak atau invalid tertanggal 13 Desember 2018.

Kepala Disdukcapil Asahan, Supryanto menjelaskan, selain e- KTP yang rusak dan invalid sebanyak 5629 keping telah terkumpul juga e -KTP yang gagal cetak 27 keping, KTP model SIAK 24623 keping dan KTP lama warna kuning 3236 keping. "Semua totalnya yang kita musnahkan dengan cara dibakar sebanyak 33515,"ungkap Supryanto.

Dalam hal ini pihak Disdukcapil Asahan sudah melayangkan surat ke 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan namun sampai hari ini Kecamatan yang belum melaporkan hasil pemusnahan e-KTP yang rusak atau invalid ada dua Kecamatan yakni Kecamatn Tinggi Raja dan Kecamatan Setia Janji. "Pemusnahan KTP-El ini kita lakukan dengan cara berkala lantaran dimulai hari Senin kemarin hingga sekarang,"ujarnya.

Lebih lanjut Supryanto menjelaskan, e-KTP yang dimusnahkan lantaran isinya tidak sesuai dan sudah tidak berlaku, misalnya dari masyarakat yang mutasi atau perubhan identitas dari tidak kawin menjadi kawin.

"Kalau e-KTP yang rusak atau invalid jatuh ketangan orang yang tidak berwenang, dimungkinkan bisa disalahgunakan untuk hal yang tidak baik,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Asahan, Surya Bsc mengatakan, semua hal yang berkaitan dengan daftar pemilu sudah dikoordianasikan dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Asahan. "Semua ini kita sudah kordanasi sama KPUD Asahan. Karena kita berharap pesta demokrasi ini bisa berjalan lancar dan aman di Kabupaten Asahan ini,"harap Surya.(ds/Hendri)
Komentar Anda

Berita Terkini