Ratusan PNS Pemkab Humbahas Bolos Kerja

/

/ Senin, 31 Desember 2018 / 21.09 WIB
Teks foto : Salah satu kantor organisasi perangkat daerah Pemkab Humbahas di gembok pakai rantai
dailysatu.com - Pasca natal 24-25 Desember dan menyambut tahun baru 2019, ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bolos kerja, pada hari senin (31/12/2018).

Dari amatan sejumlah wartawan, pegawai yang bolos kerja terpantau diruangan Kominfo, BKPAD, Dinas Catatan Sipil, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perkim, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan.

Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kopedagi, Dinas Pemuda Olahraga, Bappeda, Pertanian, BKD, BPBD, Ketahanan Pangan, Pariwisata dan Lingkungan Hidup serta Sekretaris Dewan. Tampak, sebagian kursi-kursi tanpa penghuni dan sebagian pegawai yang masuk kerja.

Paling parahnya, ada kantor mulai jam kerja hingga pukul 14.53 WIB, pintu kantornya terkunci. Hal itu terpantau dari ruangan kantor Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan kantor Bagian Sekretariat Daerah, yakni Bagian Pemerintahaan, Bagian Kesra, Protokoler, Pembangunan, kantor Asisten II, Asisten III.

Bahkan, dari sebagian kantor tersebut, dua kantor mengunci kantornya menggunakan rantai dan gembok. Yakni, Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja.

Beda dengan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak. Sebanyak 26 pegawainya masuk kerja, termasuk Kepala Dinasnya Eben Simanungkalit.

Eben yang dikonfirmasi diruangan kerjanya, mengatakan, bahwa pihaknya masih melakukan aktifitas kerja. Karena, bukanlah hari libur ataupun hari cuti bersama.

" Kitakan tahu tanggal berapa libur bersama, kalau sekarang iya masih kerja," ungkapnya saat ditemui dikantornya.

Tak hanya kantor Eben, Kantor Dinas Satpol PP, Kesbang Linmas juga seluruh pegawainya melakukan aktifitas seperti hari biasanya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Tonny Sihombing yang dikonfirmasi via pesan singkat, hingga berita ini diturunkan enggan menjawab. Demikian juga, Kepala BKD Domu Lumbangaol dan Sekretarisnya Sabar Purba.

Terpisah, Erikson Simbolon salah satu tokoh masyarakat Dolok Sanggul mengaku miris melihat kinerja aparatur sipil negara pemerintah setempat ini, bolos kerja pada saat jam kerja. Apalagi, tanpa ada pengawasan.

Sementara, dianya mengetahui seluruh aparatur pemerintah sudah diintruksikan sebelum tanggal 1 Januari 2019,tidak ada yang bolos kerja. " Tapi kalau melihat seperti ini, berarti ini tidak ada pengawasan. Dan bila penting, bagi pegawai yang bolos, layaknya diberi sanksi sesuai aturan," tegasnya.

Sekedar diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengatakan akan ada mekanisme hukuman bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang membolos kerja jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Selain saksi, menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian PAN-RB menegaskan bahwa PNS hanya akan libur pada 24-25 Desember 2018 dan 1 Januari 2019.(ds/carlos)


Komentar Anda

Berita Terkini