Peringati BBGRM Dan HKG, Pemkab Humbahas Bersihkan Jalan Persawahan Bersama Masyarakat

/

/ Kamis, 13 Desember 2018 / 07.00 WIB
Teks foto : Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama dengan masyarakat saat membersihkan pembukaan  jalan menuju persawahan.
dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) peringati Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-46 yang dipusatkan di Desa Simarigung Kecamatan Doloksaggul, Rabu (12/12/2018).

Setelah tiba di desa itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama dengan rombongan langsung menuju lokasi tempat gotong-royong masyarakat dan sama-sama membersihkan pembukaan  jalan menuju persawahan.

Pada kesempatan itu, masyarakat meminta kepada Bupati Humbahas agar berkenan memberikan perhatiannya dengan secepatnya melakukan pengaspalan pada pembukaan jalan tersebut, dimana jalan tersebut sebagai akses menuju perladangan dan persawahan masyarakat.

Usai meninjau pembukaan jalan, Bupati Humbahas bersama Wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Mariaty Saut Parlindungan Simamora, Kapolsek Doloksanggul AKP LB Sihombing, Kapten BR Munte, Kepala Desa (Kades) Simarigung Nikson Siregar dan lainnya menuju lokasi peringatan BBGRM dan HKG di halaman Sekolah Dasar (SD) Simarigung.

Dalam kegiatan itu, Wakil Ketua TP PKK membacakan sejarah singkat PKK (Pembinaan Kesejahteran Keluarga).

Pada kegiatan tersebut, Bupati Humbahas mengatakan BBGRM dan HKG ini merupakan program nasional yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya baik ditingkat kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional. Guna meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan.

"Sifat gotong-royong ini harus digalakkan yang dimulai dari diri kita sendiri, lingkungan keluarga sampai ke tingkat kelompok sosial yaitu masyarakat. Saat ini pemerintah sedang giat-giatnya meningkatkan taraf hidup masyarakat dari sektor pertanian. Bahkan pemerintah sudah menyiapkan alat-alat mesin pertanian, semua peralatan itu dipersembahkan untuk masyarakat. Tapi dengan syarat, masyarakat harus masuk ke kelompok tani. Jadi, melalui kelompok tanilah alat-alat mesin pertanian itu bisa dipergunakan. Program ini bisa semakin sukses apabila ditambah dengan semangat gotong-royong",ujarnya.

Bupati juga mengharapkan, agar kiranya masyarakat lebih giat lagi menggalakkan semangat gotong-royong di wilayah masing-masing dan melibatkan segenap lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintahan desa termasuk pemerintah daerah.

"Apabila semangat gotong-royong ini dilaksanakan, maka bisa mewujudkan Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) PMDP2A Drs Vandeik Simanungkalit menyampaikan laporan acara BBGRM dan HKG tersebut sekaligus memberikan hadiah berupa tropy kepada kecamatan terbaik mulai dari juara pertama sampai harapan pertama dalam lomba gotong-royong antar kecamatan.

Dimana Juara pertama diraih oleh Kecamatan Onanganjang, juara kedua Doloksanggul, juara ketiga Kecamatan Paranginan dan harapan pertama diraih Kecamatan Baktiraja.
Selain itu, Pemkab Humbahas juga memberikan bantuan alat-alat gotong-royong kepada setiap satu desa per kecamatan. Bukan hanya itu saja, desa percontohan binaan TP PKK juga diberikan peralatan masak.(ds/carlos)
Komentar Anda

Berita Terkini