Perayaan Natal Bersama Pemkab Humbahas Sepi

/

/ Selasa, 18 Desember 2018 / 20.49 WIB
Teks Foto: Tampak terlihat banyaknya kursi kosong akibat minimnya undangan yang hadir mengikuti perayaan Natal Bersama Pemkab Humbahas Tahun 2018, di Lapangan Merdeka,Doloksanggul, Selasa (18/12/2018).

dailysatu.com
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar perayaan Natal bersama Tahun 2018, dengan dihadiri mayoritas ASN (Aparatur Sipil Negara) umat Kristiani yang bekerja di lingkungan Pemkab setempat, Selasa (18/12/2018), bertempat di Lapangan Merdeka, Doloksanggul.


Pantuan dilapangan, perayaan Natal yang berlangsung hingga sore hari itu sepi dari tamu undangan. Dari target undangan sebanyak 5.000 orang sesuai jumlah kursi yang telah disediakan pihak Bagian Umum Setdakab Humbahas dilokasi, terlihat banyak yang kosong tidak diduduki.

Bahkan, sesuai keterangan pihak penanggungjawab kegiatan Natal bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), selain dari Kecamatan Doloksanggul, 9 perwakilan Kecamatan lainnya yang juga telah disebar undangan untuk 2.000 peserta, terlihat minim yang datang.

Terkait hal itu, Kabag Kesra Jakkon Marbun saat dikonfirmasi mengatakan, tidak dapat hadirnya para undangan yang sebagian besar adalah masyarakat desa dikarenakan adanya acara/kegiatan lain yang bersamaan waktu dengan pelaksanaan perayaan Natal bersama tersebut.

"Kita targetkan 5 ribu undangan hadir, tapi mungkin saat ini mereka (undangan-red) banyak yang sibuk pesta, lagian juga acara Natal sekarang dimana-mana. kemudian, belum lagi sekarang musimnya mangula (bertani-red) di sawah. Saya rasa itu jadi hal ketidakhadiran mereka," ungkap Jakkon Marbun.

Dirincikan Jakkon, jumlah tamu undangan yang seharusnya diharapkan hadir dari tiap kecamatan pada perayaan Natal itu sebagai perwakilan, untuk Tarabintang sebanyak 100 undangan, berikut Pakkat 200, Parlilitan 200, Onan Ganjang 200, Sijamapolang 200, Baktiraja 200, Lintongnihuta 300, Pollung 300, dan Paranginan sebanyak 200 undangan.

"Selain tadi, kelompok Pebetor (becak bermotor) di Doloksanggul, saat penyerahkan bingkisan Natal kemarin dari Pemkab, juga sudah kita pesankan hadir 100 undangan pada acara Natal ini. Namun yang saya lihat tadi palingan 10 orang saja hadir. Dan mungkin mereka ada kegiatan juga," ucapnya.

Perayaan Natal bersama Tahun 2018 itu, mengangkat Tema "Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita" (1 Korintus 1:30a) dan Sub Tema "Melalui Perayaan Natal Bersama Mari Mengandalkan Hikmat Kristus, Menyambut Program Pemerintah yang Berkelanjutan Untuk Mencapai Masyarakat Humbahas yang Damai, Rukun dan Sejahtera".

Sementara, renungan Natal disampaikan Pdt Yafet R Marbun dari Medan sebagai pengurus PGPI (Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia) Provinsi Sumut, dan Doa Syafaat oleh Pdt Esra Sinaga dari Pimpinan Pusat GKLI (Gereja Kristen Luther Indonesia).

Dalam sambutannya, Bupati menyebut Kabupaten Humbahas Ibarat seperti "Taman Eden" melihat besarnya potensi alam yang dimiliki, melalui perayaan Natal mengajak masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih, nyaman dan asri mendukung daerah Kabupaten Humbahas sebagai tujuan wisata.

"Humbahas itu ibarat Taman Eden, segala sesuatu yang ditanam hampir semua tumbuh, tinggal bagaimana cara mengolahnya. Untuk itu marilah kita tetap menjaga alam, infrastruktur, ekonomi, dan sosial di daerah kita ini agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kemudian hari. Selamat hari Natal buat kita semua," ucap Dosmar.

Pada acara natal bersama tersebut, dihadiri Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Dandim 0210/TU Lektol Inf Rico J Siagian, Ketua PN Tarutung Sotardodo Sipayung, Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Saut Parlindungan Simamora, Sekda Toni Sihombing, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Camat Se-Kabupaten Humbahas dan sejumlah pimpinan SKPD/unit kerja. (ds/carlos)



Komentar Anda

Berita Terkini