IKM Berperan Tulang Punggung Perekonomian

/

/ Kamis, 20 Desember 2018 / 07.37 WIB

dailysatu.com- Wali Kota Medan Dzulmi Eldin  melantik pengurus Forum Komunikasi Industri Kecil dan Menengah (FK IKM) Medan Bersatu di Garuda Plaza Hotel Medan, Rabu (19/12).

Tujuan pelantikan dilakukan untuk membawa pelaku IKM di Kota Medan ke arah kemajuan yang lebih baik lagi ke depannya.

Diakui Wali Kota, IKM berperan sebagai tulang punggung perekonomian di Tanah Air. Sebab, IKM sebagai sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia dan aktivitasnya membawa efek berganda yang positif dalam mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Kekuatan IKM di dalam negeri, jelas Wali Kota, tercermin dari jumlahnya yang terus meningkat. Dilihat dari data Kementerian Perindustrian RI, IKM tahun 2014 sebanyak 3,52 juta unit usaha dan tahun 2018 di semester satu telah tercatat sebanyak 4,49 juta unit usaha. Artinya, terjadi penambahan hingga 970 ribu industri kecil selama empat tahun belakangan ini.

Kemudian Wali Kota berpesan agar IKM mampu memanfaatkan potensi dari bisnis berbasis platform digital.

“Seiring dengan perkembangan ekonomi digital saat ini, di mana transaksi lebih banyak dilakukan melalui E-Commerce, jangan sampai industri 4.0 malah dikuasai oleh asing dan berdampak matinya usaha dalam negeri,” ungkapnya.(ds/lilik).

           

             


Komentar Anda

Berita Terkini