Bawaslu Paluta Dalami Kasus Gambar Oknum DPRD di Buku Yasin

/

/ Selasa, 04 Desember 2018 / 09.43 WIB

dailysatu.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Padang Lawas Utara (Paluta) akan mendalami kasus pelanggaran pemilu dan pelecehan terhadap umat muslim yang dilakukan oleh salah seorang oknum caleg yang juga merupakan anggota DPRD Paluta inisial HAS.

"Sedang kita dalami apakah ada muatan pelanggaran pemilu. Bahkan yang bersangkutan sudah kita klarifikasi, sudah kita panggil oleh Pihak Pengawas Kecamatan" ujar Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan melalui sambungan telepon,  Senin (3/12/2018).

Menurut Panggabean terkait persoalan ini belum bisa memastikan apakah ini termasuk salah satu Pelanggaran Pemilu.

"Kita tunggu aja proses lagi berjalan, sesuai dengan peranturan Bawaslu Nomor 7, ada waktu penanganan pelanggaran" ucapnya.

Diketahui oknum caleg tersebut merupakan salah satu anggota  Dewan  di DPRD Paluta dengan inisial HAS yang ikut lagi dalam kontes Pemilihan DPRD Paluta untuk dapil Dua.

Banyak Lembaga dan Masyarakat merasa keberatan atas ulah oknum tersebut,  Oknum diduga   dengan sengaja  membagi - bagi bahan kampanye kepada warga berupa Surat Yasin dengan Memajang fotonya, sementara oknum tersebut beragama non muslim.

Sebelumnya Oknum Caleg inisial HAS mengakui pembuatan yasin tersebut dan menyerahkan Persolan ini kepada Pihak MUI.
"Sudah diserahkan kepada pihak MUI" katanya ketika dihubungi via telepon, Saptu (1/12/2018).

Ketua MUI Paluta H Mukti Ali ketika dijumpai dirumahnya beberapa waktu lalu menerangkan dalam Persoalan ini oknum caleg itu sudah minta maaf melalui konferensi Pers dengan berbagai media di Kantor MUI Paluta dan dihadiri Ketua NU, Ketua Forum Kerukunan Ummat  Beragama (FKUB), Ketua ICMI, Ketua Karang Taruna Paluta dan Oknum caleg tersebut.

"Sesuai dengan hasil musyawarah Mufakat oknum caleg sudah meminta Maaf, dan akan menarik buku surat Yassin dari peredaran" katanya.

Lebih lanjut Mukti mengatakan jumlah buku Yasin yang di edarkan ada sebanyak 300 buah dan sudah ditarik dari masyarakat sebanyak 223 buah Dan oknum Dewan tersebut katanya akan bertanggungjawab untuk menarik sisanya.

"Oknum caleg ini bertanggung jawab dan berjanji akan menarik sisanya dari peredaran" ungkapnya.(ds/tim)
Komentar Anda

Berita Terkini