Bangkit : Pemko Medan Diminta Terapkan Perda Persampahan

/

/ Minggu, 23 Desember 2018 / 13.06 WIB

dailysatu.com- Anggota DPRD Medan, Bangkit Sitepu meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera menegakkan penerapan sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

"Walau Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolahan Persampahan sudah disahkan  namun belum diterapkan dengan maksimal, " katanya dalam sosialisasi Perda ke-III tentang Perda Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Pembangunan Gang Sitepu, Kelurahan PB Selayang I, Kecamatan Medan Selayang, Minggu 23 Desember 2018.

Terbukti, kata Ketua DPC Hanura itu masih banyak warga Kota Medan yang membuang sampah sembarangan.

“Untuk itu, Satpol PP harus segera menegakkan penerapan sanksi Perda Pengelolahan Persampahan ini,” ungkapnya.

Bangkit Sitepu menambahkan jangan sampai Perda tersebut hanya sebagai peraturan tertulis semata. Padahal, sudah jelas terdapat sanksi yang tegas di dalam Perda tersebut diantaranya dalam Pasal 35 diatur soal ketentuan pidana yakni setiap orang yg melanggar ketentuan dipidana kurungan 3 bulan atau denda Rp 10 juta. Sedangkan untuk suatu badan yang melanggar ketentuan dipidana kurungan 6 bulan atau denda Rp 50 juta.

“Jika sanksinya ditegakkan maka lambat laun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya di aliran sungai serta parit dapat tumbuh,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bangkit Sitepu menambahkan persoalan sampah, erat kaitannya dengan kesadaran pribadi masyarakat. Kesadaran itu bisa dipicu dengan menerapkan sanksi bagi yang melanggarnya.

“Selain itu, Satpol PP juga harus aktif melakukan pengawasan. Mereka harus memantau di titik-titik yang sering digunakan masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya,” tandasnya. (ds/rom
Komentar Anda

Berita Terkini