Antisipasi Tingkat Kriminalitas, Ratna Sitepu usulkan satu polisi satu lingkungan

/

/ Senin, 03 Desember 2018 / 17.10 WIB

dailysatu.com- Antisipasi gangguan keamanan dan aksi kriminalitas di Medan Anggota Komisi A DPRD Medan, Ratna Sitepu mengusulkan agar ada satu orang polisi yang disiagakan di setiap lingkungan yang ada di daerah ini.

Sebab, kata Ketua Fraksi Hanura Medan itu jika ada satu orang polisi yang ditugaskan setiap harinya di setiap lingkungan diyakini akan mampu memperkecil kesempatan masyarakat untuk melakukan  tindakan kriminalitas.

Hal itu dikatakan Ratna Sitepu kepada dailysatu.com, Senin 3 Desember 2018 usai melakukan kunjungan kerja (kunker) Komisi A ke Polrestabes Medan.

"Ya, kalau bisa ada satu orang personil polisi di setiap lingkungan," katanya.

Dengan adanya satu orang polisi di setiap lingkungan kata Ratna, masyarakat akan merasa selalu diawasi oleh aparat kepolisian.

"Dengan begitu, bilamana ada niat untuk melakukan kejahatan, masyarakat akan berfikir ulang melakukannya karena lingkungan mereka ada aparat kepolisian, " katanya.

Menurutnya, bahwa saat ini banyak sekali cara atau rumusan orang untuk melakukan tindakan kejahatan.Apalagi, para pelaku tindak kejahatan itu mempunyai cara yang 'up-date'  untuk melakukan tindakan kejahatan.

"Untuk itu,perlu cara-cara antisipasif untuk memperkecil ruang gerak pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya, " sebutnya.

Meskipun demikian, katanya dengan pernyataan dari Kapolrestabes Medan, Dadang Hartanto yang menyebutkan bahwa saat ini jumlah personil di jajaran Polrestabes Medan hanya berjumlah 2300-an personil sehingga sulit menempatkan satu polisi satu lingkungan.

Ratna menyebutkan bahwa antisipasi itu bisa dimulai dengan penempatan polisi di daerah-daerah yang dinilai rawan terhadap aksi kejahatan dan narkoba.

"Jika tidak bisa di 2.100 lingkungan,kan! Bisa dimulai dari penempatan di daerah-daerah yang dinilai rawan terhadap aksi kejahatan dan narkoba, " katanya.

Masih kata Ratna, bahwa pihaknya mendukung ada penambahan kantor Polsek yang ada di Medan.

Dia mengatakan penambahan Polsek di Kota Medan sangat diperlukan, terutama di wilayah kecamatan yang padat penduduk dan tinggi tingkat kriminalitasnya.

"Dengan saat ini hanya ada 12 Polsek di jajaran Polrestabes Medan dinilai masih kurang, kalau perlu satu polsek setiap kecamatan, " katanya.

Disinggung soal anggaran untuk pembangunan Polsek tersebut, Ratna menyebutkan bahwa dirinya bersama DPRD Medan siap mengusulkan untuk penganggarannya ke Pemko Medan. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini