Alamak!!! Kasi Damkar Satpol PP Asahan 'Terciduk' Lagi Pungli

/

/ Selasa, 04 Desember 2018 / 20.17 WIB

dailysatu.com- Dalam sehari Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Asahan kembali melakukan penangkapan terhadap pejabat  di lingkungan Pemkab Asahan.

Setelah sebelumnya, melakukan OTT terhadap Kasi Kepala Seksi (Kasi) Pemanfaatan Data Dan Dokumen Kependudukan Dinas Kepundudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan yang bernama LS.

Kali ini polisi kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran, kantor satuan polisi pamong praja Pemkab Asahan, inisial LS.

Dia tertangkap tangan saat sedang melakukan transaksi pungutan liar (pungli) sewa menyewa mobil pemadam kebakaran.

"Memang petugas kami ada menangkap tangan seorang PNS menjabat Plt Kasi Damkar, saat sedang melakukan transaksi pungli sebesar Rp.3 juta,"ujar Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Ricky Pripurna Atmaja kepada wartawan, Selasa (4/12) melalui siaran pers nya di group WhatsApp.

Informasi yang diperoleh dailysatu.com,  dari kepolisian setempat menyatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, tim Tipikor Polres Asahan langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP). Penangkapan LS langsung dilakukan di dalam ruangan kerjanya, di kantor Sat Pol PP Pemkab Asahan, Jalan Topan, Kelurahan Sei Renggas Kisaran.  Saat itu LS dipergoki sedang melakukan transaksi pungli dari korbannya MF dan BB.

Dari tangan oknum pejabat ini tim Tipikor menyita sejumlah alat bukti selain uang sejumlah Rp3 juta, polisi juga menyita alat bukti lainnya berupa surat permohonan dan kontrak pemakaian pemadam  kebakaran. "Sejauh ini dia belum ditetapkan sebagai tersangka karena kami masih mendalami kasus ini,"tegas Kasat Reskrim lagi.

Sementara itu informasi tentang penangkapan OTT kepada dua oknum pejabat pejabat Asahan itu langsung membuat heboh PNS dan Masyarakat di Kabupaten Asahan.

Dengan adanya penangkapan kedua oknum PNS yang menjabat Kasi di dua dinas itu, membuat Ketua Pergerakan Mahasiswa Tangkap Komplotan Para Koruptor (Permata KPK) Solahuddin Marpaung SH kecewa dan berang. "Ini sangat memalukan," ujarnya melalui seluler.

Dia mengaku kecewa dengan tindakan oknum pejabat Kasi Disdukcapil dan Plt Kasi Damkar Satpol PP Pemkab Asahan itu. Menurutnya hal itu merusak citra pemkab Asahan.

"Sudah punya jabatan kok masih juga melakukan pungli kepada masyarakat,"ungkapnya.

Dia meminta kepada Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu,SIK,MHum agar mengusut tuntas kasus ini. Bagi dia, terduga oknum ini tidak berdiri sendiri dalam melakukan aksinya. Perlu diusut aliran uang itu sejauh mana mengarahnya.

"Pasti ada alirannya," sebutnya.

Solahuddin Marpaung juga mengatakan, pihaknya sudah berulangkali melakukan aksi demo dan meminta Bupati Asahan agar mengintruksikan ASN  di Asahan.Agar jangan ada lagi pungli dalam setiap kinerja mereka untuk melayani masyarakat.

Dia berpendapat sebaiknya Bupati Asahan, Drs Taufan Gama Simatupang MAP segera mengambil langkah tegas. Diantaranya melakukan penyegaran terhadap pejabat.

Bukan hanya itu, dia juga meminta Bupati Asahan untuk melakukan pemecatan tidak hormat terhadap ASN yang terbukti melakukan pungli.(ds/Hendri)

Komentar Anda

Berita Terkini