69 Tim Ikuti Turnamen Piala Walikota Medan, Nanda : Ini ajang cari bakat pesepakbola muda

/

/ Jumat, 14 Desember 2018 / 17.10 WIB

dailysatu.com- Sebanyak 69 tim sepakbola ambil bagian dalam turnamen Piala Walikota Medan yang digelar Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Medan bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Stadion Kebun Bunga, Jumat 14 Desember 2018.

Ketua Askot PSSI Medan,Iswanda Ramli dalam kesempatan itu menyebutkan turnamen yang digelar tersebut merupakan ajang mencari bibit-bibit muda pesepakbola di Medan.

Diharapkan, melalui agenda tahunan itu mampu menghasilkan pemain-pemain berbakat dari Kota Medan.

"Apalagi, tahun 2024 mendatang Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Diharapkan, dengan berbagai turnamen-turnamen seperti saat ini dapat menjadi ajang mencari bakat-bakat muda pesepakbola Medan, " kata Wakil Ketua DPRD Medan itu.

Menurutnya, turnamen ini digelar sebagai wadah untuk melihat sejauhmana potensi para sepakbola muda Medan. Karena memang dari hasil survei Askot Medan, banyak pesepakbola muda Medan yang berbakat.

"Selain itu juga, kan mereka selama ini sudah latihan. Tentunya untuk mengevaluasi latihan itu diperlukan sebuah turnamen, sehingga nantinya pelatih bisa mengetahui sejauhmana perkembangan yang dialami anak didiknya tersebut,” tegasnya.

Dikatakan, selama ini Askot PSSI Medan cukup aktif dalam menggelar sejumlah event sepakbola kelompok umur. Ini dilakukan sesuai dengan peran dan fungsi Askot di daerah, yang memang untuk menjaring pesepakbola muda di daerah.
         
“Saya sendiri sangat senang dengan antusias para peserta, yang mencapai 69 tim. Ini juga menandakan jika di Medan, masih kurang event-event sepakbola yang digelar. Makanya usai turnamen ini juga akan digelar untuk kelompok umur 11 tahun,” tandasnya sembari menyebutkan pemain muda ini bisa menjadi cikal bakal pemain PSMS yang bisa menggatikan Ismail Ruslan, Abdul Rahman Gurning, Parlin Siagian serta Nobon Kayamudin.
         
Ketua Panitia, Yega Nathen, menjelaskan jika turnamen ini dibagi tiga kelompok umur. Masing-masing untuk U-12 sebanyak 28 peserta, U-15 sebanyak 26 peserta, dan U-17 sebanyak 12 peserta.
         
“Memang ini diluar dugaan panitia, peserta bisa mencapai 69 tim. Makanya panitia akan memakai dua lapangan yakni Stadion Teladan dan Stadion Kebun Bunga, serta lapangan PPLP dan turnamen akan berlangsung hingga 23 Desember mendatang,” sebutnya.
         
Hadir mantan pemain PSSI dan PSMS Medan, Ismail Ruslan, Abdul Rahman Gurning, Parlin Siagian, Nobon Kayamudin.
         
Sementara Sekum Asprov PSSI Medan Fityan Hamdy mengaku sangat mendukung turnamen yang digelar oleh Askot PSSI Medan dalam mendukung program sepakbola di Medan.
   
"Kami Asprov tidak bisa bekerja sendiri dalam mengembangkan sepakbola di Sumut tanpa ada dukungan dari Askot-Askot yang ada di daerah, " pungkasnya.

Sementara Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution menyebutkan bahwa Pemko Medan akan selalu mendukung program-program untuk mengembangkan dunia sepakbola di Medan.

"Kita tahu dunia sepakbola kota Medan kini dalam gelombang pasang surut.Untuk itu kita mari sama-sama menaikkan prestasi sepakbola Medan. Sebab, saya masih punya mimpi suatu saat nanti separuh pemain PSSI adalah anak Medan seperti era tahun 70-an, " pungkasnya.(ds/romisyah)

Komentar Anda

Berita Terkini