515 TKI Asal Humbahas Berangkat Ke Luar Negeri

/

/ Kamis, 20 Desember 2018 / 16.43 WIB
Teks Foto : Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Humbahas, Victor Manullang.

dailysatu.com
- Sepanjang 2018, sebanyak 515 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) berangkat ke luar negeri.

Tenaga Kerja Indonesia itu rata-rata bekerja di perusahaan Panasonic, western digital dan beberapa perusahaan lainnya yang bertempat di Malaysia.

Hal itu diungkapkan, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Victor Manullang didampingi Kepala Seksi Penempatan Horas Aritonang di ruang kerjanya, Kamis 20 Desember 2018.

"Sebanyak 515 TKI asal Humbahas di tahun 2018 bekerja ke luar negeri. Mereka (TKI-red) diberangkatkan oleh Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) selaku agen yang sudah terdaftar resmi di Kementerian Ketenagakerjaan, " ungkapnya.

Victor Manullang mengatakan bahwa syarat pengurusan berkas untuk menjadi TKI sudah sistem Online.

"Semua kepengurusan berkas sistem online. Calon TKI datang ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Humbahas hanya untuk mengeluarkan nomor ID dan rekomendasi passpor dan petugas memeriksa kelengkapan berkas Calon TKI. Setelah itu para Calon TKI ke PPTKIS untuk pengurusan pasport ke kantor imigrasi," terangnya.

Victor juga mengungkapkan, bahwa dalam pengurusan berkas untuk menjadi Calon TKI tidak ada dipungut biaya.

"Semua segala pengurusan berkas untuk menjadi calon TKI di Disnaker Humbahas tidak ada pungutan. Banyak para calon TKI menyalamkan uang tapi semua kita tolak", ucapnya.

Untuk diketahui, syarat - syarat pengurusan rekomendasi paspor untuk menjadi TKI yakni, surat pengantar dari PPTKIS, surat izin dari orang tua, demand letter/job order dari BNP2TKI pusat, surat dari Disnaker Provinsi Sumatera Utara beserta nomor bar code, dan pas photo 3x4.(ds/carlos)


Komentar Anda

Berita Terkini