Maraknya Isu Penculikan Anak, Polres Humbahas : Itu Hoax

/

/ Kamis, 01 November 2018 / 12.33 WIB

dailysatu.com - Beberapa waktu terakhir ini, sering beredar kabar di media sosial soal penculikan anak. Kabar yang biasanya disertai foto-foto ini kemudian viral namun ada beberapa yang ternyata hoax atau bohong. 

Maraknya kabar penculikan anak tersebut, polisi mengimbau warga selalu waspada. Namun, warga juga diminta tidak menyebarkan kabar hoax atau kabar yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas), AKBP Rahmani Dayan, melalui Kasubbag Humas, Ipda S Nainggolan, mengajak masyarakat melakukan verifikasi sebelum ikut menyebarkan kabar seperti itu. Tapi, waspada juga perlu. Jika melihat gerak-gerik orang mencurigakan, warga diminta melapor ke polisi. Dan menghindari tindakan main hakim sendiri. 

"Terkait isu itu (penculikan anak), jangan cepat resah dan bereaksi berlebihan dan ikut menyebarluaskan. Nanti malah kita terlibat berita hoax itu. Tetapi masyarakat juga harus tetap waspada dalam keadaan apa pun semisal saat membawa anak-anak yang usianya masih di bawah umur. Manakala ada orang tak dikenal dengan gerak gerik mencurigakan, segera laporkan ke kepolisian terdekat," kata Nainggolan, Rabu (1/11/2018).

Nainggolan  menegaskan, berita hoax penculikan merupakan  berita tidak benar yang disebarluaskan oleh orang yang tak bertanggungjawab. Maka dari itu, dirinya mengajak masyarakat agar jangan cepat percaya. Masyarakat  harus mengklarifikasi, harus pandai, harus cerdas dan menyelusuri sumber info tersebut.

Dilanjutkannya, kasus  penculikan anak memang pernah terjadi di beberapa daerah  dari sejak dulu. Tapi kabar yang kini menghangat di beberapa media sosial setelah ditelusuri adalah hoax.

Dan untuk wilayah hukum Polres Humbahas, lanjut Nainggolan, hingga  saat ini  belum ada kejadian penculikan anak.

"Di wilayah kita belum ada kita terima laporan terkait isu tersebut. Di daerah lain setelah diselidiki polisi,  ternyata hal itu sebagian besar adalah hoax. Kita minta masyarakat tak perlu panik", tutup Nainggolan.(ds/carlos)


Komentar Anda

Berita Terkini