Keterwakilan Perempuan di DPRD Paluta Masih Rendah

/

/ Kamis, 29 November 2018 / 21.05 WIB

dailysatu.com- Keterwakilan perempuan di lembaga legislatif di Padang Lawas Utara (Paluta) masih minim. Padahal menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Paluta, Komariah Siregar
keterwakilan itu sangat penting di antaranya dalam penyusunan undang-undang di berbagai sektor terkait perempuan.

"Ya! Dari 30 anggota DPRD Paluta keterwakilam perempuan itu cuma  dua orang saja.Dan itu masih sangat minim sekali," katanya dalam acara Sosialisasi Undang - Undang Politik bagi Prempuan,  di Aula Cafe Keluarga,  Gunungtua,  Kamis (29/11/2018).

Menurutnya, rendahnya partisipasi perempuan ini disebabkan berbagai faktor sehingga menghambat perempuan untuk maju berpartisipasi dalam dunia politik, misalnya faktor ekonomi,  faktor Psikologis, faktor sosial.

"Dan kita masih menganut sistem Patriarki yaitu sistem orangtua masih mengutamakan anak laki-laki laki, " kata anggota Komisi C DPRD Paluta itu.

Dia menekankan keterwakilan perempuan di parlemen memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesetaraan gender baik melalui pembentukan peraturan daerah penyusunan anggaran, serta pengawasan terhadap kebijakan pemerintah daerah.

"Akibat rendahnya keterwakilan perempuan di dewan semata mata merugikan kelompok perempuan, akibatnya kebijakan untuk memperjuangkan keadilan gender kurang maksimal sehingga ketika pengambilan keputusan dalam membuat kebijakan dalam menyampikan usulan memperjuangkan  hak-hak prempuan sangat susah"ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs Zarkasih yang menjabat Kepala bidang  politik dalam negeri di badan kesatuan bangsa dan politik ini menyampaikan laporan tertulis tujuan daripada kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di Paluta dalam rangka pemilu 2019.

Selain itu, katanya, kegiatan ini juga bertujuan mencerdaakan pemilih dalam menentukan pilihannya dan meningkatkan keterlibatan prempuan dalam kegiatan politik yang dilaksanakan di daerah Paluta.

Lanjutnya, untuk Narasumber  sendiri menghadirkan Komisioner KPU Paluta M Nafsir Rambe,  Anggota DPRD Paluta Hj.Komariah Siregar dan Fisip USU Aidil Putra dan untuk  Peserta perwakilan Prempuan dari seluruh desa di Paluta.(ds/Mora)
Komentar Anda

Berita Terkini