Bill Gates Beli Tanah Pertanian Senilai Rp 2,5 Triliun

/

/ Senin, 01 Oktober 2018 / 09.46 WIB

dailysatu.com- Pendiri Microsoft Bill Gates menghabiskan uang sebesar 171 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,5 triliun untuk membeli 14.500 hektar lahan pertanian di Southern Washington. Bisa dikatakan, transaksi ini merupakan penjualan tanah termahal di AS sepanjang tahun ini.

Dikutip melalui Bloomberg, Bill Gates membeli lahan pertanian ini bulan lalu dari John Hancock Life Insurance. Perusahaan asuransi AS itu sendiri membeli lahan tersebut "hanya" sebesar 75 juta dollar AS pada 2010 silam.

Pembelian tersebut meliputi 10.500 hektar lahan pertanian beririgasi, 3.900 hektar lahan terbuka, dan sekitar 140 hektar merupakan area yang dikenal dengan Horse Heaven Hills.

Dalam kesepakatan penjualan lahan tersebut meliputi beberapa perusahaan seperti Angelina Ag yang berpusat di Louisiana.

Adapun kekayaan bersih Gates saat ini diperkirakan mencapai 98,9 miliar dollar AS atau setara Rp 1.473,6 triliun. Angka ini membuatnya menjadi orang terkaya kedua dalam Bloomberg Billionaires Index.

Sementara dari segi kepemilikan tanah, pimpinan Liberty Media LLC John Malone menduduki peringkat pertama dengan luas tanah yang dia miliki sebesar 2,2 juta hektar, sementara Ted Turner dan keluarga Emmerson menduduki peringkat berikutnya dengan masing-masing seluas 2 juta hektar.

Sebelum pembelian tanah oleh Bill Gates ini, pembelian lahan terbesar di AS sebelumnya dilakukan oleh perusahaan investasi Dubai yang senilai 136 juta dollar AS untuk 8.453 hektar lahan El Maximo Ranch di Florida.(ds/min)

Sumber : kompas.com


Komentar Anda

Berita Terkini