Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri HAUL Tuan Guru Gunung Selamat

/

/ Senin, 06 Agustus 2018 / 09.02 WIB

dailysatu.com -Tasawuf adalah ilmu perpaduan antara syariat, hakikat menuju maghrifat.
Ilmu Tasawuf merupakan dikembang oleh syech Bahauddin Naqsyabandi, pemimpin/pengasas Tariqah Naqsyabandiah dan seorang tokoh Tasawuf terkenal,dilahirkan pada tahun 717 H di sebuah desa,bernama Qashrul ‘Arifan (Istana orang arifin) kurang lebih 4 km dari Bukhara,Soviet (Rusia) sekarang ini Uzbekistan.

Kepedulian kepada ilmu tasawuf inilah Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT turut hadir dalan Hari Ulang Tahun (HAUL) bersama Bupati Labura H.Kharuddin Sitorus SE atau lebih dikenal dengan Haji Buyung, 5 Agustus 2018.

Dimana kita ketahui bersama bahwa H.Buyung beliau begitu peduli terhadap tokoh-tokoh agama, kepada tempat-tempat persulukan dan kepada umat islam yang ada di Labura.

Hal tersebut diutarakan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Minggu  pada acara Peringatan HUT ke-45 Tuan Guru Gunung Selamat Pertama Syekh Ibrahim Al-Kholidi Al Naqsyabandi di Rumah Suluk Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu.

Turut hadir Bupati Labura, Sekdakab Labuhanbatu dan Kepala OPD serta Camat dan Kepala Desa.

“Saya sudah banyak belajar dari abanganda Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara yang mana beliau sama-sama kita ketahui begitu peduli terhadap tokoh-tokoh agama, kepada tempat-tempat persulukan dan kepada umat islam yang ada di Labura, insya Allah saya juga akan mengikuti jejak beliau di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Andi Suhaimi dalam arahannya.

Lebih lanjut dikatakannya, Saya akan terus memperhatikan rumah persulukan ini dan dalam waktu dekat ini akan ada dana dikucurkan ke tempat ini, sudah wajar saya memperhatikan orang-orang tua saya yang alhamdulillah pada hari ini kita berkumpul, tidak lain adalah memperingati HAUL Tuan Guru Gunung Selamat yang ke 45 tahun.

Menurut Andi Suhaimi, bahwa di Rantauprapat ada makam Raja Setia Dalimunthe, makamnya ada di Pekan Lama dan saya juga berjanji akan membangun makam tersebut sebagai cagar alam di Rantauprapat, sudah sewajarnya dan semestinya saya memperhatikan ini karena saya adalah marga dalimunthe.

Dalam kesempatan itu Andi Suhaimi juga memohon do’a dan dukungan dari seluruh tuan guru agar dalam kepemimpinannya yang tinggal dua setengah tahun lagi dapat diberikan kesehatan atau kesempatan untuk melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu ini.

Kegiatan HUL Alm.Tuan Guru Gunung Selamat Pertama Syekh Ibrahim Al-Kholidi Annaqsyabandi yang ke-45 ini dihiasi dengan acara silaturrahmi dan do’a bersama dengan tuan guru Gunung Selamat Kholifah Muhammad Ridwan, RSN, MHN yang di rangkai dengan pembacaan sejarah hidup Tuan Guru Gunung Selamat Pertama dan sejarah kekaromahan almarhum Tuan Guru Gunung Selamat yang pertama Syekh Ibrahim Al-Kholidi An Naqsyabandi.

Selain itu kegiatan HUL juga di lengkapi dengan kegiatan Baiat Syarifah yang dipimpin Tuan Guru Gunung Selamat Kholifah Muhammad Ridwan, RSN, MHN, adapun Syarifah s-1 yang dibaiat adalah Syarifah Muzdalifah dari Gunung Selamat, Syarifah Aulia Rohmah dari Rokan Hilir-Riau, Syarifah Rosmiyyah dari Tolok Putat Panai Hulu Labuhanbatu, Syarifah Mahdiyyah dari Gunung Selamat dan Syarifah Nur Hayati dari Bagan Batu-Riau.

Tuan Guru  dalam kesempatan itu membaiat gelar Syarifah yaitu Syarifah Hafsah dari Simundol Padang Lawas Utara dan Syarifah Maryam dari Purba Sari Labuhanbatu serta membaiat satu orang Syarifah . Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Akan Ikuti Jejak Bupati Labura. (ds/DR)
Komentar Anda

Berita Terkini