Modesta : PUD Pasar Harus Mampu Kembangkan Pedagang Kecil

/

/ Senin, 13 Agustus 2018 / 16.18 WIB
Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Medan, Modesta Marpaung saat menyampaikan pandangan fraksi Golkar di rapat paripurna tentang pemandangan umum terhadap nota pengantar walikota Medan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan di gedung DPRD Kota Medan, Senin (13/08/2018).

dailysatu.com- Fraksi Partai Golkar meminta kepada Perusahan Umum Daerah  (PUD) Pasar Kota Medan untuk memberdayakan para pedagang kecil, melalui Ranperda Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan di gedung DPRD Kota Medan, Senin (13/08/2018).

Hal itu diungkapkan oleh anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Medan, Modesta Marpaung saat menyampaikan pandangan fraksi Golkar di rapat paripurna tentang pemandangan umum terhadap nota pengantar walikota Medan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan di gedung DPRD Kota Medan, Senin (13/08/2018).

"Selama ini sering kali muncul permasalahan ketika ketika dilakukan revitalisasi pasar yang dikelola PD Pasar Kota Medan. Pedagang kecil dan pedagang tradisional tidak bisa kembali berjualan di pasar yang sudah diremajakan. Karena biaya sewa yang semakin tinggi," ungkap anggota Komisi C DPRD Kota Medan itu.

Dalam rangka pembangunan pasar, kata PUD Pasar Kota Medan diminta tetap mempersiapkan kios-kios bagi masyarakat dengan skema tertentu bagi pedagang yang berkemampuan rendah.

"Atas dasar inilah, Fraksi Partai Golkar menyambut baik diajukannya Ranperda ini, guna meningkatkan profesionalitas perusahaan daerah. Namun dalam operasionalnya, tidak semata-mata mencari keuntungan saja, tetapi lebih mengutamakan pelayanan, baik kepada masyarakat dan pedagang, dengan pengelolaan pasar yang berdaya saing dan nyaman," jelasnya.

Untuk membina dan mengembangkan pedagang kecil, melalui Ranperda tersebut, PUD Pasar Kota Medan juga diminta untuk membuat ketentuan yang mengarahkan pada kebijakan pengelolaan pasar yang lebih modern namun tetap mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri, sehingga menjadi bagian dari promosi pariwisata Kota Medan.

"Dalam upaya pembangunan pasar, PUD Pasar Kota Medan juga harus memperhatikan lokasi pasar dengan sarana pendukung seperti kebersihan, akses jalan dari dan ke pasar dan fasilitas pendukung lainnya. Sehingga pembeli merasa aman dan nyaman dalam berbelanja," ungkapnya. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini