Jalan Rusak di HM Jhoni Diperbaiki

/

/ Jumat, 03 Agustus 2018 / 13.07 WIB

dailysatu.com-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk memperbaiki  jalan rusak  di persimpangan Jalan HM Joni dan Jalan AR Hakim Medan, Selasa (31/7) malam. Sebab, kerusakan jalan sangat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan ketika melintasi kawasan tersebut.

 Instruksi Wali Kota langsung ditindaklanjuti Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan. Selain menurunkan 20 orang pekerja, perbaikan jalan juga didukung sejumlah alat berat seperti storm wales, greader serta sejumlah dump truk.  Perbaikan jalan dimulai sekitar pukul  23.00 WIB hingga 02.00 WIB dini hari.

 Dikatakan Syahnan, perbaikan jalan sengaja dilakukan jelang tengah malam menunggu volume kenderaan bermotor yang melintasi kawasan itu berkurang.  “Apabila kenderaan yang melintas masih banyak, perbaikan jalan yang kita lakukan dipastikan mengganggu kelancaran arus lalu lintas,” kata Syahnan.

`”Sebagai langkah awal,  kita melakukan base corse (pengerasan). Sebelum base corse dilakukan jalan rusak lebih dulu kita timbun. Setelah itu barulah kita lakukan base corse dengan menggunakan alat berat storm wales dan greader untuk melakukan pengerasan sekaligus pemadatang,” kata Syahnan.

Apabila setelah dilakukan pengerasan dan pemadatan, jelas Syahnan, permukaan jalan masih terlihat ada yang tinggi dan rendah, maka para pekerja akan melakukan pwenambahan maupun pengurangan sehingga pemrukaan jalan benar-benar rata. “Setelah terlihat rata selanjutnya dipadatkan kembali menggunakan tire roller sambil disiram air secukupnya,” ungkapnya.

Setelah dilakukannya base corse bilang Syahnan,  kerusakan jalan untuk sementara dapat diatasi. “Untuk sementara perbaikan jalan kita lakukan dengan base corse dulu.  Yang pasti dengan base corse,  para pengguna jalan akan merasa lebih tenang saat melintasan kawasan ini. Setelah jalan benar-benar keras dan padat, barulah kita lanjutkan dengan pengaspalan,” jelasnya.

Syahnan memprediksi pengaspalan akan dilakukan Oktober mendatang, sebab pihaknya saat ini tengah melakukan proses lelang. “Insha Allah, Oktober mendatang pengaspalan jalan sudah dapat kita lakukan. Untuk itu kita harapkan kesabaran masyarakat sekitar maupun pengguna jalan. Yang pasti jalan rusak yang selama ini dikeluhkan warga akan kembali mulus,” ungkapnya.

Selanjutnya Syahnan menyampaikan permintaan maafnya kepada warga apabila sampai saat ini  masih ada jalan rusak yang belum tersentuh perbaikan. Dikatakannya, pihaknya beserta seluruh jajaran akan berupaya memperbaiki  jalan rusak  status jalan kota yang ada di Kota Medan. “Kami minta kesabaran warga, pasti kita perbaiki (jalan rusak) sesuai dengan perintah  Bapak Wali Kota,” tegasnya.

Selama ini warga mengeluhkan rusaknya jalan yang berada di persimpangan Jalan HM Joni/Jalan AR Hakim. Selain aspal mengelupas, jalan pun berlubang-lubang sehingga mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya. Apabila  cuaca panas, jalan rusak menghasilkan debu, sebaliknya ketika hujan tiba, jalan rusak pun digenangi air.

Oleh karenanya warga pun sangat gembira dan mengapresiasi begitu melihat petugas Dinas PU turun beserta sejumlah alat berat guna memperbaiki jalan rusak tersebut. Mereka berharap perbaikan jalan dilakukan secepatnya sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas yang selama ini terjadi. (ds/LM)
Komentar Anda

Berita Terkini