Harlah Pramuka Dirangkai Dengan Ziarah Bersama di TMP

/

/ Selasa, 14 Agustus 2018 / 20.00 WIB

dailysatu.com - Walikota Medan Dzulmi Eldin selaku Ketua Majelis Pimpinan Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili  Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan HM Husni SE MSi melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa (14/8).

Ziarah bersama ini dieglar dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 tahun 2018.

Sehari sebelum ziarah digelar, telah dilaksanakan kegiatan ulang janji, Senin (13/8) malam.Ulang janji merupakan bagian dari kegiatan anak-anak pramuka yang bertekad untuk tetap berbakti dan berkarya. Sedangkan acara puncak akan diisi dengan rangkaian upacara sekaligus digelarnya Pesta Siaga  pada 7 September mendatang.

Dalam ziarah bersama,  Husni yang juga Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan bertindak sebagai pimpinan ziarah. Diawali dengan penghormatan terhadap arwah para pahlawan yang dipimpin langsung HM Husni.Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang juga dipimpin Wali  Kota, serta ditutup dengan pembacaan doa.

Setelah itu Husni  beserta seluruh peserta ziarah, termasuk Kabag Humas Pemko Medan Ridho Nasution selaku Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka dan Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Zul F Akhmadi selaku Ketua Panitia HUT Pramuka melakukan penaburan bunga. Ada sejumlah makam yang diziarahi seperti  Mayor Jendral H  Marah Halim Harahap, mantan Gubsu periode 1968-1977.

Kemudian makam Kol Inf Ndajahi Pelawi, bekas Danrem Wakemda Veteran Sumut serta makam Brigjen  MT Situmeang SH, mantan Kepala Mahmil TI Kawilhan.

Usai ziarah, Husni menjelaskan, ziarah merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Kwarcab gerakan Pramuka Kota Medan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-57 dengan mengusuing tema, “Pramuka Perekat NKRI, Sebuah Nilai-Nilai Yang Harus Dibangkit Di Tengah-Tengah Krisis Peradaban Yang Bersama-sama Kita Bangkitkan Khususnya Di Kota Medan.

“Selain memperingati Hari Jadi Pramuka, ziarah yang kita lakukan terhadap para pahlawan ini sebagai edukasi bagi adik-adik pramuka agar mereka selalu mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Sebab, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya,”kata Husni.

Terkait dengan Hari jadi Pramuka, mantan Kadispenda Kota Medan itu menghimbau dan mengajak kepada seluruh pemangku Gerakan Pramuka untuk bersama-sama bergndengan tangan  menggiatkan gerakan pramuka di Kota Medan.

“Mari kita bangkitkan gelora pramuka guna menjadikan Medan sebagai Kota Pramuka,” harapnya. (ds/LM)



Komentar Anda

Berita Terkini