FK UMI Judicium 96 Dokter Muda untuk Melanjutkan pendidikan Profesi Dokter

/

/ Rabu, 15 Agustus 2018 / 17.19 WIB
FOTO BERSAMA : Dekan FK UMI Dekan FK UMI, dr Eka Samuel Hutasoit, SpOG,MM berfoto bersama dengan 96 Dokter Muda usai Judicium Sarjana Kedokteran untuk melakukan koas ke sejumlah RSU yang digelar Selasa 14 Agustus 2018

dailysatu.com-Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) melepas sebanyak 96 orang sarjana kedokteran (S.Ked) yang berstatus dokter muda untuk melanjutkan pendidikan profesi dokter di beberapa Rumah Sakit dan Dinas kesehatan tempat pendidikan profesi yang ada di Sumatera Utara (Sumut), antara lain RSU Djasamen Pematang Siantar, RSU dr.Pirngadi Medan, RSU Kesdam 1 Bukit Barisan Putri Hijau, RSU Djoelham Binjai, Dinkes Provinsi Sumut, Dinkes Kota Medan, Dinkes Kabupaten Deli Serdang.

Pelepasan tersebut langsung dipimpin Dekan FK UMI, dr Eka Samuel Hutasoit, SpOG,MM dalam acara Judicium Sarjana Kedokteran yang digelar di aula Kampus II Jl. Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan, 14 Agustus 2018.

Dihadapan para dokter muda tersebut, Dekan FK UMI dr Eka Samuel Hutasoit mengajak kepada segenap koas untuk bisa mandiri ketika menempuh Pendidikan Klinik di Rumah Sakit, hal ini sangat penting untuk kedewasaan dalam menghadapi berbagai masalah dan tuntutan dalam belajar.

Ia berharap para dokter muda yang telah diyudisium ini untuk meningkatkan keilmuannya mengikuti perkembangan zaman di revolusi industri level 4 seperti sekarang.



"Memang harus mengikuti perkembangan zaman kalau tidak bakal tergerus oleh revolusi tadi.Dan ke depan FK UMI terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dengan terus memperbaiki akreditasi FK UMI, " pungkasnya sembari menyebutkan semua ini tidak terlepas dari dukungan civitas akademik, rektorat dan yayasan.

Senada, Ka Prodi S.Ked FK UMI, dr Fitriani Lumongga, SpPA berpesan menjaga nama baik FK UMI dengan menghormati dan menaati aturan yang ada di RSU tempat berpraktek.

"Kami berharap agar kalian bisa tetap meningkatkan knowledge, skill,dan attitude selama berada di RSU tempat kalian berpraktek, " pungkasnya.

Turut hadir dalam Judicium tersebut yakni Wakil Dekan I dr. Ester Sitorus MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II dr. Alexander P. Marpaung MKT , Wakil Dekan III dr. Harry Butarbutar SpB. Tampak juga hadir seluruh Jajaran Fungsionaris FK UMI.

Sementara, Ka.Prodi Pendidikan Profesi Dokter, dr Donald F. Sitompul ,SpKJ menyebutkan bahwa praktek di rumah sakit atau koas adalah proses belajar lanjutan saat berada di tengah-tengah masyarakat. Karenanya diingatkan, para lulusan mampu mengimplementasikan semua ilmu yang diperoleh ditengah-tengah masyarakat sesuai sumpah dan profesi dokter.

Selain itu, diharapkan mahasiswa lulusan FK UMI mau terus belajar mendalami profesi dibidangnya.

“Karena belajar itu waktunya seumur hidup, jangan cepat puas,” pungkasnya.

Judicium tersebut juga ditandai dengan pembacaan Janji Kepaniteraan Klinik yang dipimpin perwakilan peserta Judicium peraih IPK tertinggi dengan IPK 3,73 yakni Desi Riana Purba.(ds/romi syah)
Komentar Anda

Berita Terkini