Dituding Penyebab Banjir, Warga Minta Pemko Medan Normalisasi Parit Titi Merah

/

/ Selasa, 07 Agustus 2018 / 09.48 WIB
Teks foto : Terlihat luapan air parit Titi Merah saat musim penghujan.
dailysatu.com - Dituding sebagai salah satu penyebab banjir yang melanda Kecamatan Medan Marelan, warga yang berada di sepanjang aliran parit Titi Merah meminta Pemko Medan melakukan normalisasi terhadap parit tersebut.

Pasalnya, parit yang melintas di Kecamatan Medan Marelan ini sudah mengalami pendangkalan. Akibatnya, aliran air tidak bisa lancar.

Indra  warga Pasar 1, Kelurahan Tanah Enam Ratus mengatakan, semenjak dirinya tinggal di Marelan belum pernah parit titi merah dikorek oleh pemerintah.

"Yang saya tahu, hingga saat ini belum perna parit itu di normalisasi oleh Pemko Medan. Padahal, parit tersebut sudah mngalami pendangkalan dan bila musim hujan parit tidak sanggup menampung debit air," ucapnya.

Dirinya berharap, Pemko Medan melakukan pengorekan parit tersebut."Kami atas nama warga memohon Pemko Medan melakukan pengorekan parit titi merah, kalau tidak banjir akan kerap melanda,"harapnya.

Sementara itu, Camat Medan Marelan  HT Chairuniza saat dikonfirmasi melalui pesan wshapp, Selasa 7 Agustus 2018 mengakui kalau parit tersebut belum perna dinormalisasi.

"Iya memang,sudah puluhan tahun parit titi merah belum perna dinormalisasi makanya terjadi pendangkalan," ucapnya.

Selama ini, yang dilakukan pihak kecamatan hanya melakukan sebatas pembersihan sampah."Kita hanya bisa membersihkan sampah saja, agar aliran air sedikit lebih lancar,"cetusnya.

Lebih lanjut camat mengatakan, Pemko Medan telah melakukan kerja sama dengan BWS Sumut untuk melakukan normalisasi parit yang ada di Kota Medan.

"Beberapa waktu lalu, Pemko Medan sudah melakukan Mou dengan BWS Sumut untuk melakukan normalisasi parit. Wakil Walikota juga  telah meninjau lokasi tersebut," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Camat Medan Marelan  HT  Chairuniza  menghimbau kepada masayarakat, agar jangan membuang sampah keparit atau sungai.

"Kepada masyarakat Medan Marelan janganlah membuang sampah ke parit atau sungai, dengan begitu kita dapat mencegah terjadinya banjir dan mari kita jaga kebersihan," tandasnya. (ds/02)
Komentar Anda

Berita Terkini